Dosen BSI Berbagi Ilmu Digital Maketing dengan Pemuda Persis
Kampusiana—Dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas UBSI mengadakan pengabdian masyarakat (PM) bersama Pemuda Persis Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu Sabtu (11/01/2025). Kegiatan tersebit bertema Pemberdayaan Digital Marketing Sebagai Strategi Menggapai Masa Depan Menuju Kemandirian Ekonomi Kreatif.
Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat FKB BSI Silvina Mayasari mengatakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah membawa perubahan terhadap gaya hidup masyarakat dalam menjalankan suatu bisnis terlebih ekonomi kreatif. Menurutnya digital marketing dapat menjadi strategi ampuh dalam meningkatkan ketahanan ekonomi, terlebih bagi kalangan pemuda.
“Digital Marketing dapat menjadi solusi akses pasar dan promosi saat ini mengingat perekonomian melibatkan IT salah satunya media sosial,” kata Silvina.
Materi mengenai Komunikasi dan Branding secara digital yang langsung disampaikan oleh dosen BSI Zaldy Handi Aditia, “Digital marketing menawarkan beberapa teknik yaitu penggunaan media sosial, e-commerce, dan optimisasi konten juga dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO). Dengan digital marketing training, pemuda akan terlatih bagaimana memasarkan produknya dengan menggunakan iklan digital seperti Google Ads, Meta Ads, content kreatif, serta branding”, ungkapnya.
Dia memaparkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat branding untuk digital marketing. Diantaranya identitas merek seperti Visual Branding yakni logo, skema warna, font huruf, desain media sosial; Brand Story yaitu sejarah dan nilai-nilai unik yang ditawarkan. Dan terkahir Brand Voice seperti: nada komunikasi (formal, santai, inspiratif).
“ Misal bila kita melihat warna orange untuk market place maka akan teringat dengan shopee. Atau bila mendengar Kuliah?? BSI aja. Nah ini akan diingat orang banyak. Untuk itu narasi atau penggunaan komunikasi bahasa sangat penting dalam branding sebuah produk terutama bagi digital marketing,” urai Zaldy.
Wakil Ketua Pemuda Persis Sukmajaya Kota Depok, Zulfikar mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan digital marketing yang akan membahas komunikasi dan branding secara digital akan menjadi pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat bagi anggota Pemuda Persis, sehingga bisa diaplikasi untuk usaha yang dimiliki beberapa anggotanya.
“Kegiatan ini sangat bagus, jazakumulloh khoiron katsiran. Kami menyambut baik apalagi materinya disampaikan secara bertahap yang kali ini tentang branding dengan membuat story telling atau narasi untuk di medsos. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut,” tutur Izul.
Pelaksanaan PKM ini diselenggarakan oleh Tim dosen FKB UBSI yakni Silvina Mayasari, MSi, Maya May Syarah SSos, MSi, Andi Banus Achir SSn, MIkom, Zaldy Handi Aditia, MIKom serta tim mahasiswa Hafidhuddin Rahardi dan Kelvin.
Peserta PKM terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Termasuk ketika sesi tatihan atau mempraktikan membuat narasi beberapa produk untuk media digital. (*)
Baca juga :
Program Makan Bergizi Gratis (MBG) dalam Perspektif Filsafat Pierre Bourdieu | kampusiana.id
Unand dan UI Jalin Kerjasama Dokumentasikan Arsitektur Tradisional | kampusiana.id
Pilih Rumah Doraemon atau Shinchan? Yuk, Kita Analisis Bareng!
Digital Marketing Strategi Ampuh Peningkatan Ketahanan Ekonomi